Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berhasil Temukan Bug WhatsApp, Pemuda Asal India Dapat Uang Puluhan Juta

whatsapp
WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer saat ini
picture via pixabay
Pemuda yang bernama Zonel Sougjian mendapatkan hadiah puluhan juta dari Facebook. Hadiah itu diberikan setelah pemuda asal Manipur, India itu berhasil menemukan kelemahan keamanan pada aplikasi WahtsApp.

Zonel Sougjian menemukan celah yang dapat memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengubah panggilan suara ke panggilan video, secara diam-diam alias tanpa sepengetahuan penerima WhatsApp panggilan tersebut.

“Selama panggilan suara melalui WhatsApp, bug tersebut akan memungkinkan si penelpon untuk mengubahnya menjadi ke panggilan video tanpa persetujuan dan pengetahuan di penerima telpon. Lalu penelpon kemudian dapat melihat apa yang dilakukan orang lain. Jelas itu adalah melanggar privasi dari si penelpon kepada penerima telepon,” kata Sougjian kepada PTI dalam sebuah pernyataan yang kami lansir dari detikINET via Livemint.

Setelah berhasil menemukan bug tersebut, Zonel langsung melporkannya ke program Fcebook Bug Bounty. Bug Bounty sendiri adalah sebuah program Facebook, yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan imbalan setelah melaporkan adanya bug, kerentanan, atau celah yang bisa disusupi.

Setelah Zonel melaporkan masalah tersebut, laporannya langsung ditindaklanjuti oleh tim teknisi Facebook. Setelah terkonfirmasi, Fcebook pun memperbaiki bug tersebut dalam waktu 15-20 hari.

Berkat keberhasilannya menemukan bug  tersebut, Zonel langsung mendaptkan hadiah uang sebesar USD 5.000 atau sekitar Rp 71 juta. Tidak hanya sampai disitu, Zonel juga didaulat masuk ke dalam daftar special ‘Facebook Hall of Fame’.