Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian IMEI dan Fungsinya Pada Smartphone

Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia digegerkan dengan pemblokiran HP yang dijual di black market. Alasannya, HP yang diperjualbelikan tersebut tidak melewati pemeriksaan bea cukai alias barang selundupan. Untuk mengatasi masalah selundupan barang-barang elektronik ilegal tersebut, pemerintah melakukan penelusuran IMEI dari setiap ponsel yang diselundupkan.

Salah contoh nomor IMEI pada Smartphone

Semua HP memiliki nomor unik ini sebagai nomor seri resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Karena itu, banyak orang mencari tahu tentang IMEI. Nah, sebenarnya apa itu nomor IMEI dan apa pula fungsinya pada HP? Berikut penjelasan singkat tentang hal ini.

Pengertian IMEI

International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah suatu nomor khusus yang dibuat dan dikeluarkan oleh asosiasi GSM/GSMA. Nomor ini digunakan pada setiap slot kartu GSM yang diproduksi oleh produsen HP. Jika slot kartu GSM pada HP Anda bertipe ganda, jangan heran jika nomor IMEInya juga ada dua. 

Karena nomor ini bersifat khusus, setiap pengguna tidak akan memiliki IMEI yang sama. Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 atau 16 digit. Satu nomor serinya ini menyimpan informasi tipe HP yang Anda gunakan. Inilah yang membuat HP selundupan atau ilegal dapat dilacak dengan mudah.

Fungsi IMEI

Pada mulanya, keberadaan nomor unik IMEI tidak pedulikan oleh para pengguna HP karena memang tidak ada hubungannya dengan fungsi komunikasi di antara para pemakainya. Namun, karena ramainya pemberitaan pemblokiran HP ilegal, maka banyak orang yang kemudian menjadi penasaran dengan fungsi IMEI ini. Adapun fungsi IMI pada HP adalah sebagai berikut. 

1. Mengecek Garansi Resmi HP

Nomor khusus IMEI ini dapat Anda gunakan untuk melihat garansi resmi yang dikeluarkan dari perusahaan produsen HP. Jadi, jika membeli HP secara online, Anda dapat mengecek terlebih dahulu apakah HP tersebut baru atau bekas. Pada nomor ini, akan terlihat sisa waktu garansi jika memang HP telah digunakan sebelumnya.

2. Menyimpan Identitas HP

Setiap digit pada nomor IMEI memiliki arti. Salah satunya adalah identitas HP yang Anda gunakan. Informasi ini berguna untuk mengetahui apa saja spesifikasi yang ada pada HP Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah spesifikasi HP sama dengan yang tertera pada kotak kemasnnya atau tidak. Lewat informasi ini juga dapat diketahui legalitas HP tersebut.

Untuk dapat mengetahui identitas HP, Anda dapat mengunjungi situs IMEI. Setelah memasukkan nomor IMEI, akan keluar informasi-informasi yang berkaitan dengan spesifikasi HP Anda.

3. Melacak HP yang Hilang

Nomor IMEI yang ada di setiap slot kartu juga dapat digunakan untuk melecak keberadaan HP yang hilang. Jadi, jika mencarinya lewat aplikasi tidak lagi berhasil, Anda dapat memanfaatkan nomor IMEI. Caranya, Anda harus mendatangi provider kartu SIM yang digunakan dan meminta mereka memblokir HP melalui nomor IMEI.

Untuk mengetahui nomor IMEI ini, cara yang termudah adalah dengan melihatnya pada kotak pembungkus HP. Jika tidak ada, Anda dapat melihatnya pada baterai atau perangkat jika bagian belakan HP bisa dilepas. Namun, jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, Anda dapat melakukan panggilan pada kode dialing *#06# dan nomor IMEI akan tertera pada layar HP.

Posting Komentar untuk "Pengertian IMEI dan Fungsinya Pada Smartphone"