Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Mikrotik dan Fungsinya? Pahami Lebih Lanjut di Artikel Ini!

Mikrotik Routerboard/Flickr/Sayid Munawar

Istilah mikrotik mungkin masih agak asing di telinga Anda. Saat ini, mikrotik banyak digunakan oleh provider hotspot, ISP, maupun warnet-warnet khusus game online. Lantas, sebenarnya apa itu mikrotik dan fungsinya? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Mikrotik

Mikrotik merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan untuk mengubah komputer menjadi router. Sistem operasi ini cocok digunakan untuk keperluan administrasi jaringan, seperti membangun sistem komputer baik skala kecil maupun besar.

Dibandingkan sistem operasi lainnya, mikrotik jauh lebih sederhana dan ringan. Maka dari itu, tak heran jika banyak warnet memakai mikrotik. Di era modern ini, masih banyak orang yang mengira bahwa mikrotik dan router merupakan dua hal yang sama.

Padahal, router merupakan perangkat keras yang menjadi jembatan antara 2 jaringan. Sedangkan mikrotik merupakan sistem operasi yang masuk dalam kategori open source system yang tidak gratis.

Mikrotik memiliki dua manfaat, yakni:

Sebagai internet gateway yang menghubungkan internet dengan beberapa jaringan lokal
Menjadi access point jaringan WiFi karena dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung antarmuka berbasis wireless

Fungsi Mikrotik

Seperti judul, kali ini akan dibahas apa itu mikrotik dan fungsinya. Setelah mengetahui definisinya, mari ketahui apa saja yang bisa dilakukan mikrotik.

Memblokir berbagai situs yang memuat konten terlarang menggunakan proxy. Fungsi ini turut mendukung program pemerintah, yakni penggunaan internet untuk hal-hal positif
Mengatur dan mengonfigurasikan  LAN memakai PC Mikrotik Router OS
Mampu mengatur jaringan internet secara terpusat, sehingga membantu para admin dalam hal pengelolaan
Mempermudah proses pembagian bandwidth atau konfigurasi pada jaringan karena dapat digunakan sebagai hotspot billing
Bisa digunakan untuk membuat server PPPoE
Dapat memisahkan bandwidth traffic antara yang lokal dengan internasional

Jenis-jenis Mikrotik

Meskipun sangat bermanfaat, tetapi ada batasan dalam penggunaan mikrotik. Sistem operasi ini hanya dapat digunakan untuk pemakaian di bawah 70%. Jika sudah mendekati angka 70%, kinerja mikrotik akan segera melambat dan Anda perlu menggantinya dengan CPU yang memiliki memori besar.

Namun, masalah kapasitas ini dapat Anda sesuaikan dengan jenis mikrotik yang ada. Kini, masyarakat mengenal dua jenis mikrotik, yakni Router OS dan RouterBoard. Berikut penjelasan selengkapnya.

Mikrotik Router OS

Jenis mikrotik yang pertama adalah Router OS. Mikrotik yang satu ini berbentuk sistem operasi berbasis Unix. Dengan menggunakan mikrotik ini, komputer biasa dapat disulap menjadi komputer yang mampu menyediakan fitur firewall, router, proxy server, hotspot, bridge, dan lainnya.

Sistem operasi ini sudah sangat banyak digunakan masyarakat berkat kemudahan dan kepraktisannya. Tak perlu khawatir, harganya di pasaran juga cukup terjangkau.

RouterBoard

Ketika mendengar kata RouterBoard, pasti terbesit di benak Anda pertanyaan apa yang dimaksud dengan mikrotik RouterBoard? Bila Router OS bentuknya adalah sistem operasi perangkat lunak, maka RouterBoard justru berbentuk jaringan perangkat keras.

RouterBoard hanya bisa digunakan jika Anda melakukan instalasi terhadap sistem operasi Router OS terlebih dahulu. Meskipun bentuknya perangkat keras, tapi RouterBoard memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga lebih praktis.

RouterBoard sendiri tersusun atas RAM, processor, memory flash, dan ROM. Untungnya lagi, RouterBoard dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Harganya berkisar di angka Rp600.000 sampai Rp700.000 saja.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mikrotik merupakan perangkat lunak yang berbasis sistem operasi. Mikrotik digunakan untuk membangun suatu sistem administrasi dari jaringan internet. Dengan kata lain, mikrotik berperan sebagai router.

Selain melihat apa itu mikrotik dan fungsinya, Anda juga sudah mengetahui jenis-jenis mikrotik dan penjelasannya. Jadi, Anda dapat memilih dan membeli mikrotik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Posting Komentar untuk " Apa Itu Mikrotik dan Fungsinya? Pahami Lebih Lanjut di Artikel Ini!"