Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa itu BIOS dan Bagaimana Cara Kerjanya

 

Basic Input Output System
BIOS kependekan dari Basic Input Output System

BIOS merupakan sistem penting yang ada dalam suatu perangkat komputer. BIOS memiliki beberapa fungsi vital dalam kinerja sebuah komputer atau laptop. Untuk mengetahui apa itu BIOS dan bagaimana cara kerjanya, simak pemaparan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Dengan BIOS?

Secara general, BIOS merupakan suatu sistem. Dalam Bahasa Yunani, sistem atau sustema artinya komponen yang membentuk kesatuan, kemudian dihubungkan untuk memberikan kemudahan dalam pencapaian suatu tujuan.

BIOS atau Basic Input Output System merupakan suatu software atau perangkat lunak yang ditulis ke dalam Bahasa assembly. BIOS memiliki tugas untuk mengatur fungsi dari perangkat keras yang ada pada komputer.

Umumnya, BIOS terletak pada ROM atau chip memori flash yang terbuat dari bahan CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) yang berada pada motherboard.  CMOS ini juga umum disebut sebagai baterai.

Fungsi dari baterai ini adalah untuk menjaga settingan pada BIOS tidak menghilang, sehingga tak perlu melakukan setup ulang. Beberapa hal yang disetting yaitu seperti sistem penanggalan. BIOS juga bertugas untuk melakukan booting.

Booting merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk pekerjaan memuat sistem operasi. Selain itu, BIOS juga berguna pada saat menyalakan komputer, yaitu dengan mengirimkan instruksi kepada mikroprosesor.

Cara Kerja BIOS

Apa itu BIOS dan bagaimana cara kerjanya? Pada tahap awal, BIOS akan melakukan inisialisasi, di mana proses tersebut akan menampilkan gambaran spesifikasi komputer. Beberapa di antaranya, seperti kapasitas harddisk, jumlah memori, informasi VGA, dan masih banyak lagi.

Kemudian BIOS melakukan pengecekkan pada beberapa device ROM lainnya, seperti melakukan pengetesan pada RAM dan harddisk. Setelah serangkaian pengetesan telah selesai dilakukan, kemudian BIOS akan mencari tempat booting untuk masuk ke dalam sistem operasi yang terinstall.

Jenis-Jenis BIOS

Terdapat beberapa jenis BIOS yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya:

AMI BIOS
Award BIOS
Phoenix BIOS
IBM BIOS

Fungsi BIOS

Sebutkan apa saja kinerja BIOS? Pertanyaan ini juga cukup banyak dilontarkan. BIOS merupakan salah satu komponen utama pada komputer yang  mempunyai fungsi penting. Berikut ini beberapa fungsi BIOS dalam komputer.

Memberikan Basic Information pada Komputer

BIOS digunakan untuk memberikan basic information atau informasi dasar tentang bagaimana interaksi setiap perangkat penting pada komputer. Contohnya seperti memori dan drive yang kemudian bertugas untuk memuat sistem operasi.

Menjalankan Perintah POST (Power On Self Test)

BIOS juga berfungsi untuk menjalankan perintah POST. Umumnya, sebelum melakukan install sistem operasi, terlebih dahulu dilakukan pengecekkan perangkat-perangkat pada komputer. Fungsi BIOS dalam hal ini adalah sebagai pemberi informasi spesifikasi hardware pada motherboard.

Melakukan Pengaturan Konfigurasi Dasar

Pada umumnya, BIOS melakukan pengaturan konfigurasi pada perangkat lain menurut fungsinya masing-masing. Hal ini biasa dilakukan oleh para gamers untuk meningkatkan performa perangkat komputer.

Komponen pada BIOS

Dalam menjalankan sistemnya, BIOS tersusun atas beberapa komponen pendukung, berikut di antaranya.

Program Bootstraper

Program ini memiliki peran penting dalam proses booting pada sistem operasi yang terinstall.

BIOS Setup

Konfigurasi komputer dapat diubah/dialihkan, di sinilah fungsi BIOS Setup bekerja. Beberapa yang dapat diubah yaitu seperti tipe harddisk, manajemen daya, disk drive, kinerja perangkat, dan lain-lain.

Driver

Driver memiliki tugas yang berkaitan dengan kinerja hardware, seperti input device, VGA, processor, dan perangkat lainnya.ditujukan untuk operating system dasar 16bit dari keluarga DOS.

Anda kini telah mengetahui apa itu BIOS dan bagaimana cara kerjanya. BIOS merupakan suatu program yang berisikan himpunan konfigurasi dan informasi mengenai suatu perangkat komputer. berfungsi untuk meningkatkan kinerja hardware dan melakukan proses booting saat perangkat dinyalakan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa itu BIOS dan Bagaimana Cara Kerjanya"