Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa UI dan UX? Pengertian dan 3 Perbedaan Dasar Termasuk Skill yang Diperlukan

Apa UI dan UX Pengertian dan 3 Perbedaan Dasar Termasuk Skill yang Diperlukan
UI dan UX adalah dua hal komponen yang berbeda
tapi saling berkaitan.
UX Indonesia on Unsplash

Istilah UI dan UX sudah sangat umum diketahui dari kalangan desainer grafis. UI dan UX merupakan salah satu bagian dalam pengembangan produk digital berupa aplikasi desktop, tampilan web, aplikasi mobile yang sangat diperlukan dan saling berkaitan. Sebenarnya apa UI dan UX itu?

Pengertian UI dan UX

Apa yang dimaksud dengan UX dan UI? Bagaimana cara kerja dan fungsi dari kedua elemen ini? Simak penjelasan singkat seputar UI/UX desainer berikut ini.

Arti dari UX

UX merupakan singkatan dari User Experience yang berarti proses pembuatan desain suatu produk digital berdasarkan pendekatan pengalaman pengguna. Dengan acuan ini, Anda dapat menciptakan desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (user).

Proses UX ini dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan user selama mengakses produk digital tertentu.

Jadi, produk yang memiliki desain UX yang baik mampu memberikan pengalaman user yang menyenangkan, mudah digunakan, dan tidak membingungkan.

Desain UX dibuat berdasarkan konsep pelayanan yang ingin Anda berikan sesuai dengan kebutuhan target pengguna yang ingin Anda sasar. Desain UX lebih terfokus dengan bagaimana cara branding, peletakan konten, teknik penulisan copy, dan aspek kemudahan UX lainnya.

Arti dari UI

UI atau User Interface merupakan bentuk tampilan antarmuka dari suatu aplikasi maupun website yang dapat dilihat oleh pengguna. UI adalah bagian dari desain UX dalam bentuk tampilan visualnya.

Tampilan visual ini bertindak sebagai penghubung dan terintegrasi dengan sebuah sistem atau program sehingga setiap pengguna atau user dapat berinteraksi dan mengakses layanan tertentu dari suatu produk.

Desain UI juga bertujuan untuk memperindah tampilan antarmuka agar lebih enak dipandang oleh pengguna. Selain itu, desain UI juga harus memberikan tampilan dan memuat informasi yang jelas agar mudah dipahami oleh setiap user.

Komponen-komponen yang berhubungan dengan desain UI adalah desain ikon, tombol, tema, tipografi, kerangka tampilan (layout), dan tampilan visual interaktif lainnya. Desain UI terfokus pada keindahan tampilan untuk memudahkan pengguna.

Berdasarkan pengertian UI dan UX di atas, fungsi dari kedua komponen ini masih saling berkaitan dan hampir sulit untuk dipisahkan. Mengapa UI dan UX saling berkaitan? Karena pengembang produk digital harus bisa memberikan kemudahan pemakaian dari tampilan visual yang disajikan.

Perbedaan UI dan UX

Bagi yang ingin memiliki karir di bidang desain UI/UX, apakah harus datang dari jurusan UI/UX designer? Jika Anda ingin menggeluti bidang UI/UX, Anda tidak harus memiliki gelar pendidikan dari jurusan tersebut.

Anda dapat mengikuti beragam pelatihan, kursus atau belajar secara mandiri untuk menguasai skill desain UI dan UX ini. Sebelum itu, Anda perlu paham perbedaan antara UI dan UX yang akan dijelaskan dalam paparan singkat sebagai berikut:

1. Tujuan Desain

Tujuan dari penyusunan desain UI dan UX sangat berbeda. Tujuan dari pembuatan desain UX adalah untuk memberikan kemudahan dan kepuasaan pengguna. Sementara desain UI dibuat untuk mempercantik tampilan agar enak dipandang mata.

2. Proses Pembuatan Desain

Untuk desain UX sendiri mengacu pada hasil riset terhadap kebiasaan pengguna (UX Research) sehingga mampu menciptakan produk yang familier dan benar-benar dibutuhkan oleh user.

Setelah melakukan riset pengguna, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa wireframe dan prototype.

Untuk desain UI juga perlu tahapan riset agar dapat menghasilkan visual yang menarik dan mudah dipahami user. Selanjutnya, desainer akan membuat model desain berupa mockup sebelum diberikan kepada pihak developer.

3. Skill yang Diperlukan

Skill yang harus dikuasai oleh desainer UX adalah kemampuan memahami user secara kritis dan analis. Sebagai contoh creative thinking, critical thinking, analytical thinking, dan problem solving.

Sementara skill yang diperlukan untuk desainer UI adalah design branding, design graphic, convergent thinking dan creative thinking.

Banyak orang yang menganggap bahwa apa UI dan UX adalah dua hal yang sama. UI dan UX merupakan dua komponen yang sangat berbeda namun saling berkaitan. Untuk dapat menghasilkan produk digital yang baik, kedua elemen ini harus dikuasai oleh seorang UI/UX Designer.

Posting Komentar untuk " Apa UI dan UX? Pengertian dan 3 Perbedaan Dasar Termasuk Skill yang Diperlukan"