Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Lebih Jauh, Ini Sejarah Linux dan Perkembangannya

Selain Android, masyarakat juga mengenal sistem operasi Linux. Sistem operasi yang satu ini dapat diterapkan pada komputer desktop, PDA, mobil, handphone, server, hingga pesawat NASA. Ingin tahu lebih lanjut terkait sejarah Linux dan perkembangannya? Simak artikel ini.


logo linux os
Logo OS Linux. Gambar dari Flickr


Sejarah Linux Singkat

Definisi Linux adalah suatu sistem operasi sumber terbuka dan bebas yang dibangun atas kernel Linux. Dibandingkan dengan OS Android dan iOS, tentu saja Linux memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Yang jelas, Linux perlahan-lahan mulai menyaingi berbagai sistem operasi lainnya. Untuk mencapai keberhasilan ini, tentu saja Linux sudah melalui sejarah yang panjang. Berikut sejarah Linux dan perkembangannya.

OS Unix Sebelum Linux

Sejarah Linux pertama kali dimulai sejak kemunculan sistem operasi Unix pada tahun 1970-an. Dikembangkan oleh AT&T Bell Laboratories, Unix berperan sebagai alat penggerak semua pihak untuk mengembangkan sistem operasi serupa.

Unix Berkembang Menjadi OS BSD

Sekitar tahun 1977, sistem operasi Unix berkembang menjadi Berkeley Software Distribution (BSD). Sistem operasi yang dikembangkan oleh Computer Systems Research Group (CSRG) ini mengadaptasi kode Unix edisi 6.

Tak tinggal diam, kala itu AT&T mengajukan gugatan hukum karena kodenya digunakan untuk memakai BSD. Setelah digugat, pengembangan BSD pun terhenti.

Berawal dari GNU

Tanpa GNU, sepertinya Linux tidak akan ada sekarang. GNU merupakan perkumpulan komunitas open source yang bekerja sama untuk membuat aplikasi bebas. Perkumpulan ini didirikan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman.

Kala itu, targetnya adalah untuk membuat sistem operasi yang bebas dan mirip dengan Unix. GNU bukan suatu perusahaan yang mencari keuntungan, melainkan wadah komunitas yang menjunjung tinggi konsep Free and Open Source Software.

Ada tiga kebebasan bagi pengguna, yakni bebas untuk memakai, melakukan distribusi, dan mengembangkan. Setahun setelah didirikan, barulah GNU mulai membuat editor, software, compiler, GUI, modul es, text formatters, dan lain sebagainya.

Diciptakan Kernel Linux

Sejarah linux dan perkembangannya tidak dapat terlepas dari Kernel Linux. Pada tahun 1990, GNU membuat berbagai komponen untuk membuat sistem operasi, mulai dari libraries, user interface, compiler, dan lain-lain.

Kemudian, pada tahun 1991, seorang mahasiswa jurusan Computer Science bernama Linus Torvalds menulis sistem operasi independen yang bisa dijalankan pada PC processor 80386. Hingga akhirnya, kernel sistem operasi inilah yang nantinya dinamakan kernel Linux.

Perkembangan Linux

Sejak awal kemunculannya, Linux mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hanya dalam waktu kurang dari 20 tahun, Linux berhasil menguasai 1,4% pengguna di dunia. Tentu saja untuk mencapai hal tersebut, Linux sudah melalui sejarah yang panjang.

Pada periode pengembangan, sistem operasi ini diproduksi pada lingkungan komunitas saja. Kala itu, hanya organisasi besar yang menggunakan komputer dengan OS Linus, seperti NASA. Kemudian, seiring berjalannya waktu, komersialisasi semakin besar ketika IBM, Dell, dan Hewlett-Packarge memberikan dukungan kepada Linux dan keluar dari monopoli Microsoft.

Kini, Linux sudah menjadi sistem operasi berbagai perangkat, mulai dari sistem tertanam hingga komputer yang super. Banyak individu, organisasi, maupun perusahaan yang berusaha mengembangkan Linux agar lebih baik lagi.

Selain itu, Linux juga dipercaya sebagai salah satu sistem operasi pemasangan server. Kehadiran distro Linux yang semakin merajai pasar perangkat dunia juga membuat penggunanya bertambah banyak setiap tahunnya.

Setelah melihat sejarah Linux dan perkembangannya, Anda jadi tahu bahwa untuk mencapai titik sekarang, sistem operasi Linux sudah melalui perjalanan panjang. Bagi Anda yang belum menggunakan OS Linux, mungkin kini saatnya untuk mulai mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.
 

Posting Komentar untuk "Kenali Lebih Jauh, Ini Sejarah Linux dan Perkembangannya"