Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing? Berikut Pembahasan Lengkap Terkait Tujuan dan Jenisnya!

Tak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah. Kini, mempromosikan suatu produk tidak perlu menggunakan cara-cara konvensional. Sebaliknya, Anda bisa memakai cara digital marketing yang memanfaatkan teknologi. Lantas, apa yang dimaksud dengan digital marketing? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Sumber gambar Unplash

Mengenal Digital Marketing

Pertanyaan seperti, 'apa itu digital marketing dan jenisnya?', 'apa itu digital marketing dan contohnya?', dan 'tujuan digital marketing apa saja' pasti sering terdengar di telinga Anda. Padahal, jawabannya sudah banyak tersebar di internet atau jejaring media sosial.

Secara umum, digital marketing merupakan suatu kegiatan promosi atau pemasaran suatu produk menggunakan internet atau media digital. Lantas, apa pengertian digital marketing menurut para ahli? Simak poin-poin berikut ini.

Burrow dan Kleindl (2005), digital marketing merupakan proses merencanakan dan melaksanakan konsep, harga, ide, distribusi, dan promosi
Struggles dan Heidrick (2009), digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan perkembangan dunia digital
Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya (2009), digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan media, seperti e-mail, blog, website, dan lain sebagainya.

Tujuan Digital Marketing

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan digital marketing, kini Anda mungkin bertanya-tanya apa tujuan digital marketing? Layaknya, kegiatan pemasaran konvensional, digital marketing memiliki tujuan untuk memasarkan suatu produk.

Bila dilihat lebih spesifik, digital marketing bertujuan untuk menarik calon konsumen dengan lebih cepat. Apalagi, saat ini pengguna internet jauh lebih banyak daripada masyarakat yang tidak menggunakan internet. Menurut survey yang dilakukan oleh Content Marketing Institute pada 3.714 marketer tahun 2015 lalu, 55% menyatakan bahwa search engine digital marketing memiliki skor efektivitas mencapai skala 5.

Jenis Digital Marketing

Seiring perkembangan zaman, jenis digital marketing juga semakin banyak. Selain itu, Anda bisa meniru contoh pemasaran digital perusahaan lain yang efektif agar bisnis Anda turut berkembang. Beberapa jenis digital marketing yang paling umum adalah sebagai berikut.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan mesin pencari. Bisa dibilang, teknik ini dilakukan dengan cara membidik kata kunci tertentu untuk melakukan promosi yang dapat menjangkau seluruh pengguna internet. Dengan memaksimalkan teknik SEO, kemungkinan iklan Anda muncul di halaman pertama Google jauh lebih besar.

2. Social Media Marketing (SMM)

Hampir semua orang pasti menggunakan sosial media di era modern ini. Lewat sosial media, Anda bisa memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk Anda. Bukan hanya itu, sosial media juga bisa menjadi wadah untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan pelanggan.

3. Content Marketing

Content marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan dengan membuat konten berkualitas bagi para calon konsumen. Bentuk kontennya sendiri dapat berupa tulisan, gambar, maupun video. Jadi, apakah iklan TV termasuk digital marketing? Tentu saja jawabannya adalah iya karena iklan TV memuat konten tertentu terkait suatu produk.

4. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click adalah suatu teknik digital marketing, dimana website dan internet dimanfaatkan sebagai perangkatkan. PPC Dilakukan dengan membayar sejumlah biaya bila iklan Anda dikunjungi atau diklik seseorang. Masing-masing iklan bisa berbeda biayanya, tergantung kualitas dan efektivitas.

5. Influencer Marketing

Jenis yang terakhir adalah influencer marketing. Sesuai namanya, digital marketing yang satu ini bekerja sama dengan para influencer ternama di jejaring digital. Jadi, Anda bisa melakukan endorse, promosi berbayar, dan kerja sama dengan selebgram, tiktokers ternama, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan digital marketing dan berbagai jenisnya, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Tentu saja ada banyak kelebihan digital marketing dibandingkan teknik pemasaran konvensional. Selain meningkatkan pendapatan, digital marketing akan membuat segalanya menjadi lebih praktis.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing? Berikut Pembahasan Lengkap Terkait Tujuan dan Jenisnya!"