Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Fitur - fitur Baru Dari OS Android P

Ilustrasi Android P via wikimedia
Beberapa hari yang lalu Google telah mengumumkan OS Android P versi beta. Android P sendiri adalah versi terbaru Android.

Menurut VP Enginnering Android, Dave Burke, Android P mengusung tiga tema utama, yakni cerdas, sederhana dan sangat digital. Mungkin kamu penasaran seperti apa fitur anyar Android P, berikut beberapa rankumannya seperti dikutip dari liputan6 via Venture Beat.


Baca: Gara-gara buat cheat PUBG 15 hacker di ciduk

Salah satu fitur yang diperkenalkan Google untuk Android P adalah App Actions. Fitur ini memungkinkan Android memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh pengguna. Tidak sampai disitu, fitur ini juga memungkinkan developer meningkatkan kemampuan aplikasinya, temasuk membuat konten lebih mudah diakses. Hal ini membuat pengguna dapat melakukan sejumlah tindakan lebih cepat.

Fitur ini berlaku di sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Asistant, dan launcher  Android. Nantinya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan pengguna.

Terdapat Fitur Slice

Android P juga hadir dengan fitur bernama Slice. Fitur ini bisa menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search, termasuk Google Assistant. Rencananya, fitur ini akan dirilis di Google Search pada pertengahan tahun, sedangkan di Google Assistant pada akhir 2018.

Android P juga tampil dengan sistem navigasi baru. Burke menyebut sistem ini menawarkan sebuah cara lebih cepat untuk mengakses Android. Android P tampil dengan satu tombol Home dan mengandalkan navigasi berbasis gerakan, mirip pada iPhone X.

Google memang masih membekali tombol Back, tapi dalam pengaturan bawaan, tombol tersebut disembunyikan. Untuk membuka multitasking, misalnya, pengguna cukup menggeser tombol Home ke bagian samping.

Google juga menghadirkan Android Dashboard, alat yang memungkinkan pengguna mengelola waktu yang dihabiskan saat menggunakan aplikasi. Fitur baru ini akan menampilkan waktu yang dihabiskan pengguna selama mengakses ponsel dan memberikan notifikasi ketika dirasa sudah terlalu lama.

Disadur dari: liputan6.com

1 komentar untuk "Inilah Fitur - fitur Baru Dari OS Android P"

  1. gilaa, hp saya OS nya masih KitKat..udah ketinggalan berapa generasi ini wkwk

    BalasHapus