Mengenal Macam-macam Chipset Hp Android yang Sering Digunakan

Ada banyak sekali macam-macam chipset hp android yang digunakan pada setiap handphone atau ponsel selama ini. Mulai dari kualitas yang terbaik sampai kualitas paling rendah semuanya tetap digunakan oleh beberapa perusahaan dalam mengembangkan smartphone sehingga memiliki banyak peminat.


Chipset sendiri merupakan suatu komponen yang harus ada pada setiap smartphone karena memiliki fungsi yang begitu banyak dan harus kompleks. Chipset ini yang nantinya akan mengatur segala kegiatan dari pada setiap smartphone tersebut sehingga bisa berjalan normal tanpa kendala.

Chipset menjadi salah satu tolak ukur untuk menentukan kecepatan  pada pemrosesan sebuah smartphone. Kecepatan pada chipset bergantung pada pembacaan nilai kapasitas chipset tersebut. Chipset bukan hanya sekedar sebagai pelengkap pada smartphone, akan tetapi memiliki fungsi penting sehingga smartphone dapat berjalan dengan baik.

Mengatur mulai dari pemrosesan data, grafis, kamera, modem internet, dan juga lainnya semuanya memerlukan chipset sebagai pengatur utamanya. Bahkan bisa dibilang chipset ini adalah otak utama dalam setiap smartphone, sehingga baik tidaknya kinerja smartphone sangat dipengaruhi oleh chipset ini. 

Dan kini kamu bisa mengetahui macam-macam chipset hp android supaya kamu bisa memilih smartphone yang tepat untuk kebutuhan kamu. 

Beberapa Macam Chipet yang Sering Digunakan pada Smartphone

Jika kamu melihat spesifikasi hp android pastinya akan menemukan chipset yang berbeda antara satu hp dengan hp lainnya, ini dikarenakan setiap smartphone menyesuaikan dengan kegunaan inti dari smartphone tersebut. Ada yang menggunakan jenis chipset biasa karena memang hanya digunakan sekedar sewajarnya saja.

Akan tetapi ada juga yang memakai chipset jenis tinggi karena memang digunakan untuk melakukan aktivitas cukup berat, seperti mengambil gambar atau video dengan kualitas 4k atau kualitas terbaik lainnya, juga untuk smartphone gaming biasanya menggunakan jenis chipset tinggi supaya smartphone bisa berjalan dengan normal dan lancar.

Salah satu macam-macam chipset hp android adalah qualcomm snapdragon yang mana merupakan chipset paling terkenal dan sering kali digunakan oleh berbagai smartphone kenamaan. Chipset ini diproduksi oleh qualqomm dan sering dipakai oleh beberapa vendor smartphone kelas menengah dan kelas atas.

Selanjutnya ada chipset yang canggih buatan dari apple, yaitu Apple A (Fusion, Bionic). Perusahaan apple sendiri telah memiliki lisensi untuk membuat chipset sendiri yang mana selalu digunakan oleh smartphone buatan apple sendiri. Chipset ini tidak hadir untuk smartphone apple saja, akan tetapi juga hadir di iPad keluaran apple.

Kemudian di urutan selanjutnya ada Samsung Exynos yang mana merupakan chipset buatan dari perusahaan smartphone Samsung. Untuk jenis chipset, samsung menggunakan nama Exynos sebagai namanya, dan chipset exynos ini merupakan pesaing ketat dengan snapdragon untuk bisa menarik hati peminat smartphone.

Cara Mengecek Jenis Chipset pada Hp Android

Smartphone pada dasarnya sangat lah mirip dengan komputer yang mana juga memiliki Processor atau CPU, kemudian RAM, Internal Eksternal, dan juga GPU. Dan processor atau chipset merupakan otak sekaligus sebagai pengatur utama dari semua kegiatan yang dilakukan oleh smartphone tersebut. Agar smartphone kamu bisa berjalan dengan lancar. 

Kamu bisa mengecek sendiri jenis chipset pada hp android kamu dengan mudah, yaitu dengan mengklik menu setting atau pengaturan, kemudian pilih menu pengaturan lain dan terakhir pilih menu tentang ponsel. Nanti akan keluar jenis chipset dari macam-macam chipset hp android yang digunakan oleh smartphone kamu.

Untuk menambah wawasan, kamu juga bisa membaca pengertian layar oled, amoled, dan super amoled.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Macam-macam Chipset Hp Android yang Sering Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel