Berawal Dari Video Di Kebun Binatang, YouTube Menjelma Jadi Startup Raksasa


youtuber
Logo Youtube via flickr.com/Piestobis
Youtube adalah salah satu situs web sharing video yang cukup populer didunia. Platform ini telah menjadi media hiburan yang digandrungi masyarakat luas. Bahkan, kehadiran youtube juga dimanfaatkan sebagian orang untuk mendapatkan pundi-pundi rezeki. Tak sedikit dari mereka yang mendapatkan kepopuleran hingga diangkat menjadi artis melalui platform Youtube.

Tapi taukah Anda, sebelum menjadi seperti sekarang, dulunya situs youtube hanyalah situs video sharing yang sederhana. Bahkan, video yang pertama diunggah di situs ini hanyalah video biasa, dengan judul "Me at the Zoo (Saya di Kebun Binatang)." Video itu diupload oleh akun yang bernama "Jawed."

Baca: 8 situs web terkenal ini ternyata milik Amazon

Video yang berjudul "Me at the Zoo," adalah video yang pertama kali diupload ke youtube. Tayangan video bersejarah ini hanya berdurasi 19 detik. Didalam video terlihat karim sedang berdiri didepan kandang gajah. Dia nampaknya terkesima dengan belalai gajah yang disebutnya "sangat-sangat panjang."

Saat itu, video masih direkam menggunakan aspect ratio non-widescreen yang umum masa itu. Alhasil, video yang diupload terlihat bidang kosong berwarna hitam di sisi kanan dan kiri video.

Youtube sendiri didirikan oleh tiga sekawan mantan karyawan PayPal 13 tahun silam, yakni Karim Jawed, Chad Hurley dan Steve Chen. Pada masa-masa didirikan, Youtube beroprasi sebagi perusahaan startup yang didanai oleh Sequoia Capital.

Fakta Mengejutkan Awal Mula Berdirinya Youtube

Meskipun sekarang Youtube dikenal sebagai media hiburan dengan berbagai macam kategori video, ternyata ada fakta lain saat awal berdirinya Youtube. Layanan sharing video itu awalnya ternyata tidak dibuat untuk berbagi video seperti sekarang, melainkan sebagi ajang pencari jodoh.

Baca: 5 hacker muda dengan berbagai macam penemuannya yang luar biasa

Hal itu diungkapkan sendiri oleh Steve Chen, ketika berbicara dalam konferensi SXSW di Austin, Texas, AS, sebagaimana kami rangkum dari tekno.kompas.com via cnet, (15/04/2018)

"Kami selalu berpikir , video akan digemari. Namun, kami bertanya-tanya bagaimana penerapannya agar praktis di kehidupan nyata," kata Chaen. "Lalu, kami pikir, kencan adalah pilihan yang paling mudah."

Domain youtube.com pun didaftarkan tepat tanggal 14 Februai yang sering disebut sebagi hari kasih sayang (valentine's day).

"Awalnya, (pendaftar) hanya tiga orang yang padi Hari Valentine tidak punya apa-apa," kata Chen mengenang awal berdirinya Youtube.

Setelah lima hari, tidak banyak yang upload video Youtube, barulah saat itu para pendiri menanggalkan elemen "makcomblang" dalam Youtube.

"Oke, (kami pikir) marilah lupakan aspek kencannya, buka saja untuk semua jenis video," kata Chen lagi.

Keputusan yang dilakukan para pendiri akhirnya benar-benar merubah segalanya. Lambat laun banyak yang upload video di Youtube dan akhirnya Youtube semakin populer. Google-pun akhirnya tertarik dengan Youtube.

Youtube Dibeli Google

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari tekno.kompas.com via LATimes, (23/42018), pada Juli 2006 Youtube sudah mencatat sebanyak 65.000 video diunggah ke situsnya setiap hari. Meskipun belum mencatatkan untung, popularitas Youtube yang mulai melejit membuatnya dilirik oleh raksasa-raksasa teknologi.

Baca: Pengguna internet di Indonesia mencapai 143 Jjuta orang

Dan yang berhasil mendapatkan Youtube ialah Google. Tepatnya pada Oktober 2006, Google mengakuisi Youtube senilai 1,65 miliar dolar AS dalam bentuk saham. Youtube-pun sekarang menjadi bagian dari keluarga Google.

Menurut keterangan Google, jumlah pe ngguna yang terdaftar di Youtube kini sudah mencapai 1,5 miliar yang tersebar di 90 negara. Yang mengejutkan, setiap menitnya, Youtube menerima 400 jam video yang diunggah, dengan total 576.000 jam per hari.

Inilah video bersejarah yang berjudul "Me at the Zoo."



Sumber Refrensi:

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/23/20390067/ini-video-pertama-yang-diunggah-ke-youtube-tepat-13-tahun-lalu 
https://tekno.kompas.com/read/2016/03/15/14270037/Fakta.Mengejutkan.soal.Awal.Mula.YouTube 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel